tes kehamilan yang akurat

Ingin Hasil Tes Kehamilan yang Akurat, Hindari Kesalahan Berikut

Kehamilanmerupakan hal yang paling ditunggu-tunggu, khususnya bagi pasangan yangmenantikan hadirnya momongan. Untuk mengtahui Anda hamil atau tidak, bisadilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling mudah adalah denganmenggunakan alat tes kehamilan. Kehamilan sendiri terjadi apabila sel telur berhasildibuahi oleh sel sperma. Setelah sel telur dibuahi, sel telur akan menempelkandiri pada dinding rahim. Setelah itu, plasenta atau yang dikenal dengan talipusar akan terbentuk. Plasenta akan mengeluarkan hormon HGC. Hormon tersebutakan terbawa ke dalam aliran darah dan urine. Pada alat tes kehamilan,sebenarnya kehadiran hormon tersebutlah yang dideteksi pada urin.

Kesalahan yang Perlu Dihindari untuk Tes Kehamilan yang Akurat

Alat tes kehamilan yang akurat sudah banyak tersedia di apotek, mulai dari harga yang murahhingga harga yang mahal. Masing-masing alat tersebut menawarkan tingkatkeakuratan yang berbeda. Tak hanya pengaruh kualitas alat, keakuratan hasil tesjuga bisa dipengaruhi oleh faktor lainnya. Faktor tersebut bisa jadi berupakesalahan pada saat menggunakan alat tes kehamilan. Kesalahan tersebut mungkinterdengar sepele, namun masih banyak juga yang melakukannya lantaran tidaktahu. Agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama, berikut merupakankesalahan yang harus dihindari untuk mendapatkan hasil tes kehamilan yang akurat.

1.     Tidak Sabar Melakukan Tes

Ketika melakukan tes kehamilan terlalu cepat, hasil yang ditunjukkan pada alat tes kehamilan bisa menunjukkan hasil yang keliru. Karena hormone HGC perlu waktu untuk dibentuk dan diedarkan oleh tubuh. Ketika Anda terlalu cepat melakukan tes, bisa jadi hormon tersebut kadarnya masih terlalu minim. Sehingga tidak bisa terdeteksi oleh alat tes kehamilan. Meskipun sekarang ini ada banyak alat yang bisa mendeteksi dengan cepat misalnya satu hari setelah terlambat datang bulan, namun sebaiknya lakukan tes setelah tujuh hari setelah terlambat datang bulan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan waktu pada hormon HGC untuk bisa dideteksi dengan baik oleh alat tes kehamilan yang Anda gunakan. Karena setiap wanita juga memiliki kondisi tubuh berbeda, jadi kadar hormon HGC yang dihasilkan juga berbeda. Anda juga sebaiknya melakukan tes pada pagi hari, setelah bangun tidur. Karena kondisi urin pada saat itu lebih pekat.

Baca Juga :  Virus yang Menyebabkan Penyakit Leukemia Adalah

2.     Teledor Membaca Hasil Tes

Ketika membaca hasil tes pada alat tes kehamilan, Anda tidak boleh teledor. Karena jika Anda mendiamkan alat tersebut terlalu lama, bisa jadi hasil yang ditampilkan jadi berubah. Pada umumnya, hasil tes akan ditampilkan selama kurang lebih lima menit. Ketika dibiarkan terlalu lama, hasil yang ditunjukkan pada alat bisa berubah. Misalnya garis yang ditunjukkan menjadi pudar atau samar-samar. Jadi, usahakan Anda tidak membiarkan alat tersebut terlalu lama sebelum dibaca. Sebaliknya, Anda juga jangan terlalu cepat membaca hasilnya. Diamkan sebentar terlebih dahulu, berikan waktu agar alatnya bekerja dengan baik. Karena alat tes kehamilan juga perlu waktu untuk mendeteksi kadar hormon HGC pada urin. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan hasilnya ketika alat baru kontak dengan urin.

Itulahbeberapa kesalahan yang harus Anda hindari untuk mendapatkan hasil tes kehamilan yang akurat. Namun janganlupa, setelah melakukan tes dengan menggunakan alat tes kehamilan, Anda jugaperlu memperhatikan tanda-tanda kehamilan, seperti sering buang air kecil,mual, dan lain sebagainya. Untuk rekomendasi alat tes kehamilan yang akurat.

Posts created 11

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top