gejala hamil

Atasi Mual Dan Gejala Hamil Lainnya Dengan Tips Jitu

Pada saatkehamilan biasanya para wanita mendapatkan banyak sekali tanda-tanda atau gejala hamil yang sangat khusus. Beberapa tanda-tanda tersebut seperti mual, kramperut, tubuh merasa sangat lelah, dan bahkan seorang wanita yang hamil seringmengalami gangguan kecemasan. Hal-hal tersebut sangatlah wajar, mengingatkondisi tubuh wanita sedang mengalami proses yang tidak biasa. Namun tentusaja, hal itu bisa dicegah dengan beberapa langkah. Gangguan mual salahsatunya, dan hal itu tentu saja sangat menganggu hingga membuat seorang wanitabisa jatuh lemas. Disini kami akan memberikan beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang tentunya akan sangat bermanfaat bagipara wanita, terutama pada proses kehamilan pertama.

Makan Sedikit Tapi Sering, Dan Atur Jadwal Makannya

Pada proses kehamilan terutama pada trimester awal Anda bisa jadi akan kehilangan nafsu makan. Dimana perut akan terasa mual dan bisa-bisa membuat Anda tidak bisa mencukupi kebutuhan asupan makanan untuk tubuh Anda. Untuk menjaga agar tubuh tetap berada pada kondisi fit, Anda harus makan tiga kali setiap hari. Akan tetapi dengan gejala hamil ini, tentu saja hal itu sangatlah sulit. Untuk tetap menjaga asupan energi dari makanan dan membuat rasa mual berkurang, Anda bisa makan sedikit, tapi sering. Dengan hal itu perut Anda tidak akan terasa kenyang secara berlebih namun tetap bisa mencukupi asupan energi dalam tubuh Anda.

Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi cairan sebanyak mungkin. Hal ini bisa mengatasi perut kembung. Selain minuman, Anda juga bisa membarenginya dengan buah-buahan.

Gunakan Aroma Terapi

Aroma-aroma yang menyengat bisa membuat rasa mual semakin menjadi. Bahkan parfum sekalipun terkadang akan membuat perut bisa merasa mual. Hal ini terjadi pada kondisi tubuh yang lemah, seperti halnya para wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan aromaterapi. Aroma terapi ini selain akan mengusir bau-bau tidak sedap juga mempunyai efek yang menenangkan untuk Anda.

Baca Juga :  Makanan Ibu Menyusui Pelancar ASI Ini Efektif untuk Anda

Jangan Tidur Setelah Makan

Kebiasaan berbaring setelah makan merupakan kebiasaan buruk. Terutama bagi Anda yang sedang hamil muda. Meski tubuh Anda terasa lelah, Anda sebaiknya jangan tidur setelah makan, karena bisa menghambat pencernaan. Dengan kondisi tersebut perut Anda terasa mual. Oleh karenanya Anda bisa tidur setelah makan setelah 20 hingga 40 menit.

Agar Anda tidak merasa mengantuk setelah makan, Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang bisa menghilangkan rasa kantuk. Bisa dengan duduk sambil menonton televisi, sambil bermain gadget, dan apapun asal dilakukan dengan berjalan atau dengan duduk.

Hindari Cemilan Berminyak Dan Lemak Tinggi

Saat kehamilan awal atau trimester pertama Anda biasanya akan merasa selalu lapar, ingin makan apa aja, namun kondisi perut juga mual. Tentunya hal itu bisa membuat Anda malah semakin memperburuk rasa mual Anda tersebut. Oleh karena itu Anda bisa menyediakan cemilan yang sehat, jangan malah makan cemilan yang berminyak dan berlemak tinggi. Karena dengan cemilan berminyak dan berlemak tinggi maka Anda akan merasa mual Anda lebih parah. Dan hal itu akan memperburuk kondisi tubuh Anda.

Olahraga Pagi Untuk Melancarkan Peredaran Darah Dan Oksigen

Berolahraga di pagi hari merupakan kegiatan yang sangat baik bagi semua orang termasuk kamu yang sedang hamil muda. Jalan-jalan santai dan menikmati udara pagi bisa menambah energi baru sehingga ampuh mengurangi mual. Jalan santai di pagi harii juga mampu meningkatkan mood serta melancarkan peredaran darah.

Olahraga akan mampu membuat peredaran darah di dalam tubuh Anda akan lebih lancar. Olahraga juga akan menyehatkan kandungan Anda, namun dengan catatan, Anda harus berolahraga ringan saja. Cukup jalan-jalan waktu pagi hari.

Baca Juga :  Virus yang Menyebabkan Penyakit Leukemia Adalah

Olahraga memang sangat penting, hanya saja, Anda jangan terlalu lelah berolahraga. Anda harus beristirahat dengan cukup, dan lebih baik Anda bisa melakukan yoga agar tubuh dan pikiran lebih rileks.

Itulahbagaimanaca cara mengatasi mual saat hamil. 

Posts created 11

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top